Manajemen Operasional

Thursday, October 4, 2012


Carrefour Ditarik Mundur dari Singapura



Carrefour adalah salah satu perusahaan retail besar berkelas internasional yang berdiri pertama kali di Sainte-Genevieve-des-Bios, Paris pada tahun 1962. Retail ini merupakan sebuah supermarket besar yang mengkombinasikan dengan toko serba ada. Carrefour semakin berkembang pesat ketika memutuskan untuk bergabung dengan Promodes (induk perusahaan Continent). Penggabungan ini membentuk perusahaan retail kedua terbesar di dunia dengan menggunakan nama Carrefour itu sendiri. Carrefour menggunakan konsep “One-Stop Shopping” yang menawarkan tempat pilihan dengan produk yang beragam, harga murah, dan juga memberikan pelayanan terbaik sehingga melebihi harapan konsumenya.

Pada umumnya pemasaran internasional dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah go public di negara asalnya, sehingga melakukan perluasan pasar salah satunya membuka segmen yang lebih luas dengan menjual produk atau membuka cabang di negara lain yang berbeda lingkungan sampai kebudayaanya.

Dalam melakukan strategi pemasaran global perlu dilakuakan analisis lingkungan khususnya untuk lingkungan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dijalankan di lingkungan yang berbeda dari negara asalnya atau tidak. Lingkungan eksternal ada dua yaitu, lingkungan umum yang menyangkut bidang-bidang ekonomi, demografi, politik, hukum, sosial budaya dan teknologi. Lingkungan eksternal ke dua adalah lingkungan industri, yaitu kemungkinan timbul ancaman munculnya pelaku baru, dan juga intensitas atau jumlah pesaing. Dibanding dengan lingkungan umum, lingkungan industri memiliki efek yang lebih langsung terhadap daya saing dan usaha dalam pencapaian keuntungan.

Suatu pemasaran global yang baik adalah keharusan untuk berhasil di dunia bisnis internasional. Strategi pemasaran global harus direncanakan untuk menyesuaikan berbagai jenis lingkungan. Strategi pemasaran yang sukses adalah selalau menghubungkan perbedaan lingkungan yang berbeda, dan tidak mengabaikan faktor-faktor yang memepengaruhi perbedaan lingkungan tersebut. Suatu strategi pemasaran global yang lemah adalah mengabaikan faktor-faktor perbedaan lingkungan eksternal itu sendiri, terlebih pada lingkungan industri. Salah satu contoh perusahaan yang gagal dalam melakukan strategi bisnis globalnya adalah Carrefour yang ada di Singapura yang baru-baru ini ditutup karena gagal menarik perhatian 5,2juta penduduknya dan tempatnya diambil alih oleh perusahaan retail yang lain. Carrefour menyatakan bahwa penutupan hypermarket tersebut tidak menunjukkan ekspansi dan pertumbuhan yang meningkat dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Carrefour gagal untuk mempertimbangkan lingkungan eksternal sebelum merencanakan strategi pemasarannya di Singapura. Perusahaan ini telah kalah bersaing dengan perusahaan sejenis di Singapura yang lebih dapat menyediakan nilai bagi konsumen dan mendapatkan keunggulan bersaing melalui penggunaan kompetensinya, membuka banyak link dan juga banyak cabang. Banyak dari toko pesaing tersebut berada di dekat perumahan mewah di Singapura, sehingga menjadikan dua gerai Carrefour di negara tersebut menjadi sepi sampai pada akhirnya di tarik mundur oleh perusahaan pusat.

Kegagalan Carrefour ini juga tak lepas dari pengaruh krisis ekonomi yang ada di Eropa, komsumsi pendududuk di Eropa menjadi menurun drastis. Hal tersebut lah yang menyebabakan menurunnya keuntungan Carrefour menurun sampai akhirnya timbul kerugian. Kerugian tersebut juga berdampak pada terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran khususnya di negara-negara Eropa. Kerugian juga berdampak pada terjadinya penjualan sebagian saham oleh perusahaan kepada mitra lokalnya Marinopolous di Yunani, sampai berpengaruh ke operasional yang ada di negara-negara lain termasuk Singapura.


0 comments:

Translate